Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imlek di Pancoran, Ramai

Kompas.com - 06/02/2008, 22:26 WIB

JAKARTA, RABU - Memasuki Jl. Pancoran di samping pasar Glodok, Jakarta Pusat suasana Imlek sangat terasa. Di atas sepanjang jalan tersebut lampion dipasang secara zig-zag. Seperti menjelang tahun baru pada umumnya, sesekali pijaran kembang api mewarnai langit di kawasan itu pada malam menjelang hari Raya Imlek. Rabu, (6/1).

Pada sisi kanan dan kiri jalan ini, banyak terdapat para pedagang yang menjajakan aksesoris-aksesoris khas Imlek, seperti Lampion, bunga Men Hwa (seperti bunga sakura), dan pohon angpao. Tampak juga para pedagang bunga dan buah Jeruk mandarin. Para pengunjung terlihat hilir mudik sibuk mencari dan membeli barang yang mereka butuhkan. Suasana di jalan Pancoran malam ini sangat ramai.

Menurut Fendi, salah satu penjual aksesoris yang sudah berjualan sejak tahun 1974, tiap menjelang Imlek di Jalan Pancoran selalu ramai dikunjungi para pembeli. "Tiap tahun tempat ini selalu ramai dikunjungi orang.Kalau urusan ritual Tionghoa, pasti banyak orang yang pergi ke Pancoran. Sehingga tempat ini sering disebut China Town," katanya.

Hal senada juga disampaikan  pedagang lainnya Afung dan Joko Simun. "Orang-orang selalu belanja di sini, soalnya yang paling komplit di sini, mau belanja untuk Imlek semua ada, dari aksesoris, bunga, buah, dan kue keranjang," ujar Afung warga Pancoran yang mengaku telah 25 tahun berjualan aksesoris Imlek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com