Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Nepal, Suami Bakar Istri hingga Tewas

Kompas.com - 09/04/2013, 14:18 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com — Kepolisian Nepal menahan seorang pria setelah dia memasukkan istrinya yang tengah mengandung ke dalam tumpukan jerami dan membakarnya hingga tewas.

"Kami menerima telepon dari seorang lelaki yang melaporkan hilangnya sang istri. Namun, saat petugas kami tiba di sana, mereka melihat sesosok tubuh dan menjadi curiga," kata Kepala Polisi Distrik Morang, Niraj Jha, Selasa (9/4/2013).

Niraj mengatakan, pria itu ditahan dengan tuduhan melakukan pembunuhan dan akan dihadapkan ke meja hijau.

Perempuan yang tengah hamil empat bulan itu, Maina Bardewa Bhitrikoti (22) , tewas setelah mengalami luka bakar lebih dari 50 persen akibat perbuatan keji sang suami pada Senin pagi.

Seperti dikutip harian Himalayan Times, ibu Maina mengatakan, dia berencana mengunjungi putrinya untuk membicakan soal "masalah rumah tangga" yang dikeluhkannya.

Maina dan suaminya, Prithvi, sudah menikah selama dua tahun. Sang suami baru saja kembali dari Qatar setelah sempat bekerja di negeri kaya itu beberapa waktu.

Belum diketahui alasan sebenarnya mengapa Prithvi sampai tega membakar istrinya hingga tewas seperti itu.

Kekerasan terhadap perempuan kini menjadi perhatian di Nepal setelah di negara tetangga, India, warganya mulai melakukan protes terhadap berbagai kejahatan dan kekerasan terhadap perempuan.

"Kasus kekerasan terhadap perempuan di Nepal bukan cerita baru," kata aktivis hak-hak perempuan, Lily Thapa.

"Kami baru mendengarnya karena saat ini kelompok-kelompok perempuan mulai diberdayakan untuk melaporkan berbagai tindakan kekerasan yang terus terjadi. Ini harus dihentikan," kata Thapa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com