Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terjun ke Sungai di India, 32 Tewas

Kompas.com - 19/03/2013, 14:25 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah bus terjatuh dari sebuah jembatan di Negara Bagian Maharashtra, India, Selasa (19/3/2013), menewaskan 32 orang penumpangnya.

"Bus itu tengah dalam perjalanan dari Goa menuju Mumbai saat pengemudinya tiba-tiba kehilangan kendali," kata seorang petugas polisi.

Kecelakaan yang terjadi pada Selasa dini hari itu terjadi di kawasan Khed, Distrik Ratnagiri, sekitar 350 kilometer sebelah selatan kota Mumbai.

Sebagian besar korban luka, termasuk pengemudi, menderita luka di kepala dan tangan. Mereka langsung dirawat di rumah sakit setempat.

Beberapa foto dari lokasi kejadian menunjukkan bus itu terbalik di samping jembatan. Bus itu jatuh di atas pinggiran sungai yang kering.

Sejumlah media setempat melaporkan sejumlah turis ada di dalam bus naas itu. Namun, sejauh ini belum diperoleh pernyataan resmi dari kepolisian.

Angka kecelakaan lalu lintas di India terbilang sangat tinggi. Sepanjang 2011, sebanyak 110.000 orang -atau lebih dari 300 orang sehari- tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Demikian data dari Biro Data Kriminal Nasional.

Kualitas jalan yang buruk, pengemudi ugal-ugalan, dan berkendara dalam kecepatan tinggi merupakan sebagian penyebab kecelakaan lalu lintas di India. Dan, kecelakaan bus dengan korban tewas mencapai puluhan orang, juga kerap terjadi di negeri itu.

Kecelakaan bus ini terjadi sehari setelah seorang pejabat senior India mengatakan lebih dari 800 tewas di jalur Goa-Mumbai dalam tiga tahun terakhir.

Menteri Dalam Negeri Maharashtra, RR Pati, dalam jawabab tertulis untuk parlemen setempat, mengatakan 828 orang tewas dan 2.411 orang luka berat antara 2010 hingga 2012 di jalur jalan ini.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan tentang keselamatan di jalan raya 2013 menemukan bahwa delapan persen kematian pengguna jalan raya di India dialami penumpang atau pengemudi bus, sedangkan 32 persen korban tewas lainnya adalah pengendara sepeda motor atau kendaraan roda tiga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com