Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Garuda Berlatih Dengan Tentara Sri Langka

Kompas.com - 19/01/2013, 20:53 WIB
Iwan Santosa

Penulis

LEBANON, KOMPAS.com - Pasukan TNI dalam Kontingen Garuda berlatih bersama tentara Srilanka.

Puspen TNI menyampaikan, pasukan Garuda bagian dari Force Protection Company (Satgas FPC) TNI Konga XXVI-E2/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), melaksanakan latihan bidang keamanan dengan Kontingen Srilanka (Srilanka FPC), bertempat di Sudirman Camp, Lebanon, Sabtu (19/1/2013) pagi.

Latihan terkoordinasi bidang keamanan tersebut digelar oleh FHQSU (Force Head Quarter Support Unit), sebagai penanggung jawab keamanan Head Quarter (HQ) PBB/UNIFIL di Lebanon.

Skenario latihan, mengandaikan situasi di sekitar lingkungan HQ UNIFIL mengalami gangguan keamanan dengan terdengarnya sirine meraung-raung di sekitar markas besar PBB di Lebanon Selatan.

Seluruh personel segera memasuki pos-pos siaga yang sudah di tentukan, dan Armoured Personnel Carrier (APC) menempati pos pertahanan di setiap titik kemungkinan datangnya musuh menyerang.

Komandan Satgas Konga XXVI-E2, Mayor Inf Yuri Elias Mamahit, saat meninjau latihan antara lain mengatakan, kegiatan itu melatih kesiap siagaan personel Satgas FPC TNI dalam mengantisipasi perubahan situasi keamanan di Lebanon.

"Kita harus memiliki kesiapan tempur yang baik dan profesional dalam menjalankannya", ujarnya.

Sementara itu, Mayor (Kav) Harry selaku FP Center Chief pascaevaluasi latihan mengatakan, kecepatan dan respon yang ditunjukkan baik Satgas FPC TNI Konga XXVI-E2 maupun Srilanka FPC saat latihan sangat cepat, dalam rangka memberikan rasa aman kepada seluruh personel UN baik militer dan sipil yang berada di lingkungan HQ UNIFIL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com