Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

George Clooney, Sepupu Jauh Abraham Lincoln

Kompas.com - 02/11/2012, 03:55 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Siapa sangka aktor ganteng George Clooney adalah sepupu jauh salah satu tokoh AS paling terkenal, Presiden Abraham Lincoln.

Situs Ancestry.com pada Kamis (1/11/2012) merilis bahwa rekaman geneakologis bintang Ocean's Eleven itu memang menunjukkan bahwa Clooney masih memiliki hubungan darah dengan salah satu presiden AS yang tewas dibunuh itu.

Menurut situs itu, ibu Abraham Lincoln, Nancy Hanks, adalah saudari tiri nenek buyut keempat Clooney, Mary Ann Sparrow.

Agak membingungkan bukan? Tapi bagaimanapun, Ancestry.com yakin, Clooney dan Lincold—seberapa pun jauhnya—adalah saudara.

Setidaknya, Clooney dan Lincoln memiliki kesamaan lain, yaitu bergerak di bidang kemanusiaan.

Clooney saat ini sedang getol melakukan perjalanan ke Afrika untuk meningkatkan pemahaman dunia terkait krisis kemanusiaan di Sudan.

Atas aksinya ini, Clooney bahkan pernah ditahan karena menerobos Kedubes Sudan di Washington DC pada Maret lalu, saat memprotes kebijakan Presiden Sudan Omar al Bashir.

Sementara itu, Presiden Lincoln yang memimpin di masa perang saudara AS dikenang hingga kini karena jasanya menghapuskan perbudakan di AS. Kebijakan anti-perbudakan itu kemudian menjadi undang-undang pada 1865, tak lama setelah Lincold dibunuh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com