Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swedia Tawarkan Gripen kepada Kroasia

Kompas.com - 14/10/2012, 18:32 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ZAGREB, KOMPAS.com - Swedia menawarkan delapan pesawat jet tempur Saab Gripen kepada Kroasia, untuk disewa selama 10 tahun. Pesawat-pesawat itu akan menggantikan armada MiG-21 milik Kroasia yang sudah sangat uzur.

Kementerian Pertahanan Kroasia, Kamis (11/10/2012) lalu, menyatakan, tawaran dari Swedia itu meliputi paket latihan dan dukungan bagi para pilot dan teknisi udara Kroasia. Selain itu, pihak Swedia juga menawarkan kesepakatan khusus dengan beberapa perusahaan Kroasia. Nilai total kontrak tidak disebutkan.

Kroasia, yang saat ini berstatus sebagai anggota NATO, hanya memiliki enam pesawat tempur di Angkatan Udara-nya. Pesawat-pesawat itu adalah MiG-21 buatan Uni Soviet yang dulu menjadi bagian dari AU Yugoslavia.

Pesawat-pesawat MiG itu sudah sangat uzur dan tiba pada batas akhir umur pakainya, kecuali dilakukan perbaikan besar-besaran. Pesawat-pesawat itu dulu menjadi bagian Kroasia, setelah para pilotnya membelot pada 1991, pada awal pecahnya negara Yugoslavia.

"Kami dengan gembira mengajukan tawaran ini, yang sudah dipersiapkan dalam kerja sama erat dengan pihak Kroasia," tutur Peter Gothe, Deputi Direktur Badan Ekspor Keamanan dan Pertahanan Swedia.

Menurut Gothe, pesawat Gripen adalah salah satu pesawat tempur tercanggih di dunia saat ini, dengan biaya perawatan dan operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan pesaingnya.

Sebelum ini, Saab telah memasok 14 unit Gripen kepada AU Hungaria dan Republik Ceko, yang sebelumnya juga mengandalkan jet-jet MiG-21.

Di luar Eropa, pengguna Gripen adalah AU Thailand dan Afrika Selatan. (AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com