Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sindir Orangtua, Singapura Bikin "Kancheong Style"

Kompas.com - 09/10/2012, 10:54 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com -  Demam Gangnam Style sedang melanda seluruh penjuru dunia. Tidak terkecuali, negara jiran Singapura. Tidak mau kalah, Singapura memperkenalkan parodi versi mereka, yang mereka namai "Kancheong Style".

Video Kancheong Style diproduksi oleh majalah keluarga The Asian Parent untuk memperingati Hari Anak Singapura yang jatuh pada 5 Oktober lalu. Video tersebut dibintangi beberapa siswa sekolah dasar. Sampai hari ini video tersebut sudah ditonton lebih dari 400.000 orang.

Kata "kancheong" sendiri merupakan kosa kata lokal yang berarti kecemasan yang berlebihan. Lirik lagunya menceritakan bagaimana anak-anak Singapura menjalani kehidupan sekolahnya sehari-hari, seperti menyindir tekanan keras orangtua dalam soal pendidikan anak.

Walaupun masih berada di tingkat sekolah dasar, tekanan yang dihadapi anak-anak Singapura relatif sangat besar. Tekanan yang muncul terkadang menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan seperti apakah bsia lulus ujian PSLE (Ujian Nasional Akhir untuk anak SD Singapura).

Video Kancheong Style menyita perhatian masyarakat Singapura, tak terkecuali Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Melalui laman Facebook pribadinya, PM Lee memuji video tersebut sekaligus menyampaikan pesan-pesannya.

Lee mengaku menikmati video tersebut. Dia juga meminta para orangtua tidak terlalu mencemaskan dan menekan anak-anak mereka dan membiarkan anak-anak menikmati masa kecil dengan ceria.

Majalah The Asian Parent mengaudisi lebih dari 100 anak melalui Facebook. Partisipan diminta mengunggah video aksi anak-anak dahulu, untuk dipilih agar bisa mengikuti proses audisi selanjutnya. Akhirnya terpilih siswa SD bernama Mohd Danial Norhzryn untuk menjadi bintang utama video Kancheong Style.

Danial, seperti dikutip AsiaOne, mengaku sudah mempelajari gerakan-gerakan Gangnam Style sebelum mengikuti audisi Kancheong Style. Dia bahkan berlatih bersama ibunya.

Salah satu anak yang beruntung terpilih, Mohd Danial Norhazryn menunjukkan antusiasme yang sangat luar biasa dengan Gangnam Style. Danial,bahkan, sudah telebih dahulu mempelajari gerakan Gangnam Style sebelum terpilih. Danial juga selalu mengajak ibundanya untuk melakukan gerakan ini bersama-sama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com