Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ton Gading Gajah Hilang Dicuri

Kompas.com - 20/06/2012, 23:28 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LUSAKA, KOMPAS.com -- Para pencuri di Zambia ini tidak perlu repot mengejar dan membunuh gajah untuk mendapat gadingnya. Pejabat Zambia di Lusaka, Rabu (20/6/2012), menyebutkan bahwa pencuri berhasil menggondol tiga ton gading gajah dari gudang Zambia Wildlife Authority (ZAWA) yang dijaga ketat di dekat Lusaka.

Dua penjaga telah ditahan berkaitan dengan pencurian gading gajah senilai 2 miliar kwacha (sekitar Rp 3,6 miliar) itu. Kejadian ini berlangsung pekan lalu di markas besar ZAWA di Chilanga, dekat Lusaka.

"Saat dilakukan pengecekan rutin atas markas ZAWA yang dijaga ketat, ditemukan bahwa tiga ton gading bernilai 2 miliar kwacha hilang," ungkap Direktur ZAWA Edwin Matokwani.

Sejauh ini, menurut dia, dua petugas keamanan ditahan karena diduga berkaitan dengan kehilangan tiga ton gading gajah tersebut.

ZAWA bertugas menjaga kelestarian kehidupan binatang liar dan memerangi aksi perburuan liar yang semakin meningkat di Zambia, negara di kawasan Afrika bagian selatan itu.

Dua tahun lalu, Zambia dan Tanzania gagal memenuhi Konvensi PBB soal perdagangan internasional Spesies Fauna dan Flora Langka, dengan memperbolehkan penjualan cadangan gading gajah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com