Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politisi Pakistan Tewas di London

Kompas.com - 17/09/2010, 09:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com —  Seorang politisi terkemuka Pakistan yang tinggal di Inggris dibunuh di luar rumahnya di London. Imran Farooq, anggota senior Partai Gerakan Muttahida Qaumi (MQM) Pakistan, ditemukan dalam keadaan cedera di kepala dan luka tusuk di London utara, Kamis, kata laporan Televisi BBC dan Sky News.

Polisi membenarkan mereka menerima laporan pembunuhan serius di distrik Edgware pada pukul 17.30 waktu setempat. Para petugas menemukan seorang pria Asia berusia 50 tahun dengan luka tusuk dan kepala cedera. Paramedis merawat orang itu, tetapi dia diumumkan meninggal di tempat kejadian pada pukul 18.37 waktu setempat," kata seorang juru bicara di Kepolisian Metropolitan London. "Sanak keluarganya telah diberi tahu," katanya.

"Tidak ada penahanan-penahanan yang dilakukan sehubungan dengan pembunuhan itu," kata juru bicara itu.

Para pemimpin MQM di Pakistan dikutip oleh BBC mengatakan, Farooq, mantan anggota parlemen dan salah satu anggota pendiri partai, telah berdiam di pengasingan di London sejak tahun 1992. Dia dicari oleh pasukan keamanan, tambah penyiar televisi itu, yang mengatakan bahwa Farooq tidak kembali ke Pakistan sejak tiba di Inggris pada tahun 1992.

Pembunuhan anggota parlemen dari MQM, Raza Haider, di Karachi bulan lalu memicu gelombang politik dan pembunuhan etnik yang mengakibatkan sekitar 85 orang tewas. MQM adalah kekuatan politik besar di kota terbesar Pakistan Karachi, Provinsi Sindh. Partai ini adalah mitra koalisi yang dipimpin Partai Rakyat Pakistan (PPP).

Karachi diganggu oleh pembunuhan etnis dan sektarian serta kejahatan dan penculikan-penculikan sehingga memperburuk kesengsaraan di negara yang berupaya memerangi banjir yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang menewaskan lebih dari 1.500 orang dan menyengsarakan sekitar 21.000 orang lainnya. Ketegangan-ketegangan yang tinggi antara mitra koalisi MQM dan Partai Awami Nasional (ANP), yang mewakili beberapa komunitas di Karachi dan menguasai kesemrawutan politik di kota.

ANP adalah partai yang diikuti lebih dari 2 juta suku Pashtun yang melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan berkaitan dengan Taliban di barat laut Karachi, tempat sebagian besar dari mereka mencari pekerjaan di bidang transportasi dan konstruksi.  MQM mewakili kota-kota dominan penduduk berbahasa Urdu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com