Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tentara Armenia Tewas Tertembak

Kompas.com - 31/07/2010, 06:58 WIB

YEREVAN, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan, Jumat (30/7/2010), menyatakan, enam tentara Armenia tewas dalam insiden penembakan. Sedangkan menurut laporan media setempat, seorang tentara membunuh lima tentara lainnya sebelum akhirnya bunuh diri.

Versi kementerian, insiden itu terjadi pada Rabu lalu, akibat dari "pelanggaran tugas jaga". Satu kasus kriminal telah dibuka, tapi kementerian itu tidak memberikan perincian lagi dan tidak mengatakan lokasi persis penembakan itu.

Laporan-laporan media lokal menyatakan, unit itu bermarkas di wilayah gerilyawan Nagorno Karabakh, wilayah berpenduduk mayoritas orang Armenia yang memisahkan diri dari Azerbaijan dengan dukungan Armenia pada awal 1990-an.

Beberapa laporan menyebutkan, seorang wajib militer didapati tertidur di posnya dan ia atau seorang tentara rekannya telah menembak beberapa perwira yang sedang berupaya menghukum wamil itu.

Penembakan seperti itu bukan tidak biasa dalam pasukan bersenjata di bekas republik Soviet itu. Gencatan senjata telah mengakhiri perang di Nagorno-Karabakh pada 1994, tapi perjanjian damai belum pernah tercapai, dan tentara Armenia serta Azerbaijan acapkali tembak-menembak di perbatasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com