Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kargo dan Penumpang Etihad Menanjak

Kompas.com - 22/07/2010, 15:20 WIB

KOMPAS.com — Hingga semester I-2010, jumlah kargo dan penumpang maskapai penerbangan Etihad menanjak. Jumlah kargo, misalnya, naik 21,6 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Hal ini mendongkrak pula peningkatan pendapatan dari sektor yang dimaksud hingga 59 persen.

Seturut catatan yang disampaikan pada Kamis (22/7/2010), maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA) ini juga memperoleh peningkatan jumlah penumpang sebesar 11 persen. Ini mendongkrak pendapatan rata-rata penumpang per kilometer (RPKs) lebih dari 2,6 persen.

Pertumbuhan jumlah penumpang pada level 3,3 juta orang juga dilengkapi dengan naiknya tingkat keterisian (seat factor) dari 71,5 persen menjadi 72,5 persen.

Di samping kenaikan pertumbuhan 20,9 persen pada tingkat ketersediaan kursi per kilometer (ASKs), maskapai ini berhasil mengurangi biaya ketersediaan kursi per kilometernya sebesar 4 persen dalam kurun waktu enam bulan—dari awal tahun hingga 30 Juni 2010 lalu.

Chief Eksekutif Etihad Airways James Hogan mengatakan, beberapa peningkatan juga terjadi meskipun kesulitan-kesulitan yang diakibatkan oleh debu vukanik yang menyelimuti Eropa pada April 2010 lalu menyebabkan gangguan penerbangan yang parah selama bulan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com