Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Parade Militer di Moskwa

Kompas.com - 11/05/2009, 14:19 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Parade militer untuk memperingati kejayaan dalam Perang Dunia II ke-64 dilaksanakan di Lapangan Merah Moskwa, tanggal 9 Mei 2009. Parade dimulai dengan pengibaran bendera Federasi Rusia dan bendera-bendera kejayaan perang yang disebut sebagai Great Patriotic War 1941-1945.

Sesuai permintaan Presiden, komandan distrik militer Moskwa Jenderal Valery Gerasimov memimpin parade. Sedangkan Presiden Dmitry Medvedev dalam kesempatan itu menyambut para veteran perang dan para tamu.

Lagu kebangsaan Rusia pun dimainkan. Drum band dari Akademi Militer Rusia dan Universitas Militer Rusia mengiringi parade. Barisan diikuti pembawa bendera nasional Rusia, bendera kemenangan, bendera Angkatan Bersenjata Rusia, dan bendera-bendera dari tiga angkatan bersenjata.

Diikuti kemudian oleh barisan Akademi Angkatan Bersenjata Rusia, Universitas Kementerian Pertahanan Militer, Akademi Peluru Kendali Strategis Peter yang Agung, Akademi Angkatan Udara Gagarin, Akademi Teknik Angkatan Udara Zhukovsky, Akademi Maritim Admiral Ushakov, Kekuatan Antariksa Institut Militer Radio Elektronik Moskwa, Sekolah Komando Lintas Udara Jenderal Margelov Ryazan, Akademi Perlindungan Sipil Kementerian Darurat Rusia, Institut Militer Penjaga Perbatasan Moskwa, Sekolah Peluru Kendali Anti Pesawat Yaroslavl, serta barisan Universitas Teknik Militer untuk Konstruksi.

Di belakangnya ada barisan brigade marinir Armada Baltik, barisan batalyon resimen parasut, batalyon divisi tank Kantemirovskaya, dan divisi motor Taman. Diikuti brigade motor ke-27, divisi aktif terpisah di bawah Kementerian Dalam Negeri. Barisan ditutup oleh kadet-kadet Kremlin.

Parade diikuti juga oleh iringan persenjataan seperti kendaraan lapis baja Tiger, kendaraan pengangkut personel BTR-80 dan BMP-3, tank-tank T-90 berpeluncur roket yang menggetarkan nyali, sistem artileri Msta dan Sprut, sistem peluru kendali pertahanan Buk, sistem rudal pertahanan udara S-300 Favorit dan S-400 Triumph, rudal jelajah taktis Iskander-M, serta kendaraan-kendaraan peluncur roket Topol.

Mengikuti parade, di atas Lapangan Merah melintas pula helikopter-helikopter Mil Mi-8 yang membawa bendera Federasi Rusia dan bendera-bendera angkatan bersenjata. Diikuti heli transport Mi-26, heli-heli serang Kamov seperti Ka-50 Black Shark dan Ka-52 Alligator, Mi-28, serta heli-heli serang Mi-24 dari satu-satunya tim aerobatik helikopter di dunia, Berkut alias elang hitam.

Menderu-deru di belakang barisan heli adalah pesawat-pesawat tempur dan angkut, yakni Sukhoi Su-25, Antonov An-124, pesawat angkut berat yang dijuluki Ruslan, diikuti empat pesawat tempur Su-27, pesawat peringatan dini jarak jauh A-50, pengebom Tupolev Tu-22M3, Su-34, dan kelompok pesawat yang menunjukkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara, terdiri dari Ilyusin Il-78, Su-24, Tu-95, Mikoyan Gurevich MiG-29, Tu-160 dan MiG-31, diikuti pesawat-pesawat tempur dari tim aerobatik Russky Vityaz atau Russian Knights dan Strizhi atau The Swifts.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com