Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gunakan Blog Wanita Cantik untuk Rekrut Anggota

Kompas.com - 30/05/2013, 08:36 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com  Kepolisian Singapura memilih cara yang tidak biasa untuk membuat orang tertarik jadi polisi. Tiga perempuan cantik yang merupakan bloger dipilih untuk membantu. Tentu saja, ini bukan teknik yang lumrah. Tidak sedikit pengamat yang dibuat tercengang dengan pilihan ini.

Blog yang ditulis perempuan-perempuan itu tidak sedikit pun berkaitan dengan polisi, hukum, ataupun tindak kriminal. Mereka menghabiskan waktunya menulis mengenai fashion, kecantikan, dan lifestyle. Beatrice Tan, Yina Goh, dan Rachell Tan adalah tiga perempuan yang dimintai bantuannya. Beatrice merupakan pemilik toko butik online Klarra dan seorang mantan model.

Mereka diundang kepolisian selama dua hari untuk menghadiri sejumlah pelatihan di akademi kepolisian. Di hari pertama, mereka diberi penjelasan mengenai bagaimanakah kehidupan calon-calon polisi, terutama pada tahap-tahap latihan dasar. Mereka juga mendapat informasi mengenai cara kerja kepolisian yang beroperasi di tingkat regional. Polisi itu biasanya mengurus hal-hal yang berkaitan dengan komunitas tempat mereka beroperasi.

Memasuki hari kedua, mereka diberi informasi tentang bagaimanakah cara kerja unit Special Command Operation Officers. Selesai mengikuti dua hari pembekalan informasi itu, mereka harus menuliskan pengalaman mereka di blog masing-masing.

Dengan semangat, masing-masing menuliskan apa yang mereka jalani. Tidak lupa memajang foto-foto yang memperlihatkan mereka mengenakan atribut polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com