Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susu Beracun di Serbia Ditarik dari Pasar

Kompas.com - 20/02/2013, 22:29 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BELGRADE, KOMPAS.com - Pemerintah Serbia memerintahkan penarikan sejumlah mereka susu dari toko dan supermarket walaupun sebelumnya diklaim produk susu tadi bebas dari kontaminasi racun.

Langkah pemerintah ini menyusul beredar berita produk susu di Serbia terkontaminasi racun yang dapat menyebabkan kanker yang menyerang hati.

Kantor berita AFP hari Rabu (20/2/2013) melaporkan, perintah penarikan susu ini muncul setelah terjadi kepanikan berkaitan dengan informasi bahwa susu di negara itu mengandung racun.

Beberapa pekan lalu muncul informasi bahwa otoritas sengaja menyembunyikan informasi dari hasil tes laboratorium bahwa produk susu yang terjual di Serbia mengandung aflatoxin yang cukup tinggi .

Racun pada susu ini diduga masuk lewat makanan sapi. Manusia yang mengkosumsi susu dalam jumlah banyak dapat menimbulkan kanker.

Perintah penarikan produk susu ini tanpa menyebutkan merek susu yang harus ditarik dari peredaran. Empat mereka produk susu sudah ditarik dari Kroasia karena mengandung aflatoxin.

Racun level tinggi ditemukan dalam sejumlah produk contoh susu yang dijual di Slovenia, Bosnia, Macedonia. Seluruh kawasan Balkan pekan ini panic berkaitan dengan beredarnya produk susu beracun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com