Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cumi-cumi Raksasa Tertangkap Video

Kompas.com - 09/01/2013, 22:51 WIB
Pieter P Gero

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Periset dan stasiun televisi Jepang menegaskan berhasil merekam gambar dari seekor cumi-cumi raksasa di kedalaman samudera yang memang merupakan habitat binatang invertebrate (tanpa tulang belakang) ini. Ini merupakan yang pertama kalinya seekor cumi-cumi raksasa tertangkap video.

Cumi-cumi dengan sembilan kaki masing-masing sepanjang tiga meter berhasil difilmkan dari sebuah kapal selam berawak dalam satu dari 100 penyelaman di Samudera Pasifik musim panas lalu.

Ekspedisi penyelaman ini merupakan kerja bareng oleh jaringan televisi Jepang NHK, Discovery Channel dan Museum Nasional Ilmu dan Natural Jepang.

NHK melepaskan gambar-gambar dari cumi-cumi raksasa ini pekan ini lebih awal dari pemutaran video soal cumi-cumi ini yang dijadwalkan hari Minggu nanti. Sejauh ini belum pernah terekam cumi-cumi raksasa di habitat hidupnya di kedalaman samudera.

Discovery Channel yang dikenal dengan gambar-gambar petualanganya akan menyiarkan gambar spektakuler ini pada 27 Januari mendatang.

NHK menegaskan, cumi-cumi raksasa ini dipergoki pada kedalama 630 meter di lokasi sekitar 1.000 kilometer selatan Tokyo, ibukota Jepang. Sejauh ini informasi soal cumi-cumi raksasa ini tak bisa diperoleh karena lingkungannya yang berat dan sulit bagi periset dan ilmuwan melakukan riset.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com