Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Israel Diduga Lakukan Korupsi

Kompas.com - 13/12/2012, 15:46 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Kejaksaan Agung Israel, pada Kamis (13/12/2012), akan memutuskan apakah akan mengajukan sangkaan dugaan korupsi terhadap Menteri Luar Negeri Avigdor Lieberman. Jika Lieberman menjadi tersangka maka kemungkinan besar dia akan mengundurkan diri dan situasi ini akan berpengaruh terhadap pemilihan umum Israel.

Pada 8 November lalu, Jaksa Agung Israel Yehuda Weinstein menjanjikan keputusan dalam satu bulan terkait dugaan korupsi yang dilakukan Lieberman. Langkah kejaksaan agung Israel itu menyusul petisi yang diajukan Gerakan untuk Pemerintahan Berkualitas Israel. Gerakan ini mendesak Weinstein membuat keputusan sebelum pemilu digelar 22 Januari mendatang.

Tuduhan yang dilayangkan kepada Lieberman termasuk penipuan, menghilangkan kepercayaan, menerima sesuatu dengan menipu, pencucian uang dan mengganggu sakis mata.

Lieberman sendiri sudah menyatakan akan mundur dari jabatan menteri dan anggota parlemen jika tuduhan korupsi itu terbukti.

Sejumlah dokumen pengadilan mengatakan Lieberman diduga menerima uang jutaan dollar AS antara 2001 hingga 2008 saat dia menjadi anggota parlemen dan kemudian menteri kabinet.

Lieberman sudah menjalani berbagai investigasi sejak 1996 juga atas dugaan korupsi. Saat itu dia membantah melakukan korupsi dan menuding penyelidikan atas dirinya bermotifkan politik.

Partai ultra-nasionalis Yisrael Beitenu tempat Lieberman bergabung adalah partai terbesar kedua dalam pemerintahan koalisi Israel. Partai ini sudah menyatakan mencalonkan diri bersama Benyamin Netanyahu dari partai sayap kanan Likud dalam pemilu bulan depan.

Sejumlah media Israel memprediksi jaksa agung nampaknya akan mengesampingkan tuduhan-tuduhan berat atas Lieberman. Dia kemungkinan akan mendakwa Lieberman dengan kesalahan-kesalahan yang lebih ringan misalnya menyalahgunakan kepercayaan saat mempromosikan diplomat Zeev Ben Arieh.

Sebagai Dubes Israel di Minks, Belarusia, Ben Arieh memberi Lieberman laporan intelijen rahasia tentang sebuah investigasi yang dilakukan kepolisian Belarusia terhadap Lieberman atas pemerintahan pengadilan Israel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com