Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harta Keluarga Italia Merosot 40 Persen

Kompas.com - 08/12/2012, 09:23 WIB
Simon Saragih

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Kekayaan keluarga di Italia merosot 40 persen dalam satu dekade terakhir. Krisis ekonomi sejak 2008, telah menggerogoti nilai harta. Kekayaan bersih keluarga Italia rata-rata menjadi 15.600 euro pada tahun 2011, turun dari 26.000 euro dibandingkan dengan 10 tahun sebelumnya.

Demikian dilaporkan lembaga think-tank Italia, Censis, Jumat (7/12/2012) di Roma. Krisis ekonomi telah memerosotkan nilai kekayaan keluarga di Italia.

Para keluarga juga sudah mengurangi pengeluaran dan sebanyak 73 persen responden mengatakan, kini mengincar produk-produk murah. "Saya harus menekan pengeluaran untuk pembelian pakaian dan kebutuhan keluarga. Harga-harga meningkat sementara nilai uang pensiunan saya tetap," kata Clara Francetti, di Roma. "Waktu untuk liburan pun sudah tidak terpikirkan."

Empat dari 10 keluarga sudah berhenti memikirkan masa liburan, dan mengurangi belanja pakaian.

Sebanyak 65,8 persen mengatakan sudah mengurangi pemakaian mobil dan sepeda motor, untuk menghemat pengeluaran untuk bahan bakar energi.

Tambahan pula, satu dari 10 keluarga sudah menjual barang-barang mahal seperti perhiasan dalam dua tahun terakhir, untuk mendapatkan uang tunai.

Di bawah 18 persen keluarga sudah tidak bisa menutupi pengeluaran dari gaji yang ada.

Selma, seorang ibu di Roma (36) mengatakan sudah berhenti sarapan di kafe seperti biasanya demi menghemat uang. (REUTERS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com