Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Pesawat Tanpa Izin, Pilot AU Afsel Diskors

Kompas.com - 29/11/2012, 12:33 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Meminjam kendaraan operasional kantor untuk urusan pribadi pasti pernah dilakukan semua pegawai. Tapi jika seorang pilot angkatan udara meminjam pesawat terbang milik negara untuk urusan pribadi maka persoalannya akan lain.

Itulah yang dilakukan seorang perwira Angkatan Udara Afrika Selatan, Letnan NSK Bulwana. Dia nekat menggunakan sebuah pesawat Cessna 172 milik AU Afrika Selatan. Celakanya, Bulwana membawa pesawat itu tanpa pemberitahuan rencana terbang dan izin memasuki wilayah udara Botswana, negara tujuannya.

Apa yang dilakukan Bulwana di Botswana? Ternyata dia sekadar mengunjungi kawannya yang bekerja di sebuah bandara di dekat ibu kota Botswana, Gaborone.

Insiden ini tentunya sempat membuat kegaduhan antara dua negara bertetangga itu. Akibatnya, Kementerian Pertahanan Afrika Selatan langsung turun tangan menangani si perwira  nakal ini.

Menteri Pertahanan Afrika Selatan Nosiviwe Mapisa-Nqakula bahkan harus berhadapan dengan parlemen akibat masalah ini. Di hadapan parlemen, Menhan Nosiviwe mengatakan perwira angkatan udara itu sudah mendapat hukuman. Dia dilarang menerbangkan pesawat terbang hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com