Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Afganistan Batalkan Kunjungan ke Norwegia

Kompas.com - 13/09/2012, 14:31 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KABUL, KOMPAS.com - Presiden Afganistan Hamid Karzai memutuskan untuk menunda kunjungannya ke Norwegia, Kamis (13/9/2012).

Keputusan ini karena Karzai khawatir kekerasan terkait video anti-Islam yang menyebabkan insiden tewasnya Duta Besar AS di Libya merembet ke Afganistan.

"Presiden membatalkan kunjungannya untuk sementara waktu. Dia khawatir kerusuhan akan muncul akibat film itu," ujar seorang staf kepresidenan kepada AFP.

"Presiden memilih tetap berada di Afganistan dalam kondisi krisis ini," tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Karzai dan Presiden Barack Obama telah mendiskusikan cara memastikan bahwa kondisi yang telah memicu kekerasan di Libya dan Mesir tidak akan membahayakan pasukan AS di negeri itu. Demikian pernyataan resmi Gedung Putih.

Apalagi aksi kekerasan yang terkait dengan pelecehan agama pernah terjadi di Afganistan dan menimpa pasukan AS yang bertugas di sana.

Awal tahun ini kerusuhan melanda Afganistan setelah pasukan AS membakar Al Quran di sebuah pangkalan militer. Insiden itu menewaskan sekitar 40 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com