Anggaran Kurang, Gaji Pegawai Diundi - Kompas.com

Anggaran Kurang, Gaji Pegawai Diundi

Kompas.com - 25/07/2012, 07:56 WIB

Seharusnya status pegawai pemerintah menjamin seseorang untuk menerima gaji secara teratur setiap bulannya. Namun, keteraturan penerimaan gaji ini tidak dirasakan para pegawai pemerintah di sebuah kota kecil Bialet Masse, Provinsi Cordoba, Argentina.

Kota tujuan wisata yang berjarak 750 km sebelah utara ibukota Buenos Aires ini belakangan mengalami kekurangan anggaran yang biasanya dikucurkan pemerintah provinsi.

Akibatnya, kota itu kesulitan membayar gaji para pegawainya. Sehingga pemerintah kota itu harus mengambil keputusan unik untuk mengatasi masalah gaji ini.

"Kami harus mengundi siapa yang terlebih dulu menerima gaji," kata Walikota Bialet Masse, Gustavo Puevo saat diwawancarai stasiun radio Mitre, Buenos Aires.

Undian kedua

Puevo mengatakan keputusan undian ini diambil setelah disetujui otorita pemerintahan kota di Argentina. "Undian pertama sudah dilakukan Jumat lalu, dengan 23 dari 92 pegawai menerima gaji," kata Puevo.

Undian gaji kedua, lanjut Puevo, akan dilakukan pada Senin (23/7/2012) waktu setempat.

Beberapa provinsi di Argentina mengalami kesulitan ekonomi akibat melambatnya pertumbuhan ekonomi negeri itu. Pertumbuhan ekonomi Argentina menurun hingga separuhnya pada Mei lalu jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Kondisi ini menandai penurunan pertumbuhan ekonomi pertama di negeri Amerika Selatan itu sejak 2009 lalu.

Pendapatan Argentina bertumbuh hingga 8 persen per tahun sejak 2003. Namun analis memprediksi hanya akan tumbuh hingga 4 persen pada 2012.

EditorKistyarini

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM