Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Dilaporkan Kirim 2 Kapal Perang ke Suriah

Kompas.com - 18/06/2012, 16:52 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia dilaporkan akan mengirim dua kapal perang amfibinya ke pelabuhan Tartus, Suriah, kantor berita Rusia Interfax melaporkan, Senin (18/6/2012). Di pelabuhan tersebut, Moskwa memiliki pangkalan AL yang berfungsi melindungi keamanan warga negaranya di Suriah.

"Dua kapal amfibi besar - "Nikolai Filchenkov" dan "Tsezar Kunikov" - bersiap berangkat ke Tartus di luar jadwal mereka," Interfax mengutip seorang perwira dari markas AL Rusia.

Dua kapal itu akan membawa marinir "dalam jumlah besar", imbuh Interfax. Sejauh ini belum ada konfirmasi soal laporan tersebut dari Angkatan Laut maupun Departemen Pertahanan Rusia.

Kapal "Tsezar Kunikov" mampu membawa 150 tentara ditambah berbagai kendaraan tempur termasuk tank, sementara The Nikolai Fichenkov merupakan bagian dari Armada Laut Hitam Rusia di Crimea, Ukraina. Menurut Interfax, kapal-kapal itu bisa saja digunakan untuk mengevakuasi warga negara Rusia.

"Awak "Nikolai Filchenkov" dan "Tsezar Kunikov" dan marinir bisa melindungi keamanan warga negara Rusia dan mengevakuasi sebagian dari basis dukungan logistik," kantor berita itu mengutip sumber tersebut.

Sebelumnya, Minggu (17/6/2012), menurut sejumlah media Ukraina, kapal "Nikolai Filchenkov" diberangkatkan dari pangkalan mereka di Crimea menuju Tartus dengan membawa senjata dan pasukan marinir untuk melindungi fasilitas AL Rusia.

Namun sebuah sumber di Armada Laut Hitam Rusia, yang dikutip Ria Novosti, membantah laporan yang menyebut pengiriman kapal perang ke Tartus. Sumber itu menyebut laporan tersebut palsu.

"Kapal itu memang dalam kondisi siap berangkat seperti kapal perang-kapal perang lain di armada ini. Di kapal ini tidak ada marinir dan tidak ada perintah untuk berangkat ke Suriah. Awak kapal hanya melakukan kegiatan rutin sehari-hari," kata sumber tersebut seperti dilaporkan kantor berita Ria Novosti, Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com