Minggu, 21 September 2014

News / Internasional

Akui Membunuh, 6 WNI Ditahan di Taiwan

Jumat, 20 Januari 2012 | 16:42 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Kepolisian Taiwan menahan empat warga negara Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan terhadap seorang kapten kapal Taiwan, Kementerian Luar Negeri Taiwan (MOFA) mengungkapkan, Kamis (19/1/2012).

MOFA mengatakan, keempat tersangka akan menghadapi penyidikan terkait kematian Wang Yao-chang, kapten kapal Chin Hai Shiang No.3, seperti dilaporkan Focus Taiwan, Jumat (20/1/2012). Sebelumnya dua nelayan Indonesia, juga anak buah kapal Taiwan tersebut, ditangkap dalam kasus yang sama awal Januari lalu.

Dua WNI yang ditangkap lebih dulu itu diidentifikasi bernama Kartubi dan Anwar Saepudin. Kartubi mengaku memukuli Wang dengan sebatang tongkat setelah kapten kapal itu memarahinya. Dengan bantuan Saepuddin, Kartubi membuang tubuh Wang ke laut

Kapal Chin Hai Shiang No. 3 kehilangan kontak dengan pemiliknya pada 6 Desember 2011 ketika mencari ikan di perairan Myanmar, jelas MOFA. Kementerian itu kemudian melaporkan kasus itu pada pihak berwenang India. Pada 9 Desember, kapal milik Angkatan Laut India mencegat kapal nelayan itu dan menggiringnya ke Port Blair di Pulau Andaman yang terletak antara India dengan Myanmar.

Kepada pihak berwenang India, keenam ABK Indonesia itu sudah mengakui bahwa mereka membunuh Wang dan melemparkan tubuhnya ke laut.



Editor : Kistyarini
Sumber: