Rabu, 1 Oktober 2014

News / Internasional

Lawatan Persahabatan

Dua Kapal Perang China Kunjungi Korut

Kamis, 4 Agustus 2011 | 21:55 WIB

SEOUL, KOMPAS.com -- Dua kapal perang China berlabuh di pelabuhan Korea Utara, Kamis (4/8/2011), dalam sebuah lawatan persahabatan yang sekaligus menandai peringatan 50 tahun kesepakatan persahabatan antarkedua negara. Kedatangan dua kapal perang itu juga disambut rakyat Korut, yang meneriakkan yel "persahabatan" saat menyambut kapal perang "Luoyang" dan "Zheng He" saat berlabuh di pelabuhan pantai utara, Wonsan.

Dalam upacara penyambutan tampak hadir Komandan Armada Utara Angkatan Laut China Laksamana Madya Tian Zhong dan Laksamana Muda Korut Kim Myong Sik. Mereka saling bertukar salam.

Pelabuhan Wonsan punya sejarah masa lalu yang mendalam bagi Korut. Lokasi itu menjadi tempat pertama kali Kim Il Sung menjejakkan kakinya kembali di Semenanjung Korea pasca pembebasan negeri itu dari jajahan Jepang. Il Sung kemudian mendirikan Korut.

Menurut Tian, kunjungan yang akan berlangsung hingga Senin mendatang itu sangat penting untuk memperkuat dan membangun hubungan antarkedua negara.

Menurut pengamat militer dari Korea Institute for Defense Analysis, Baek Seung-joo, kunjungan seperti ini dinilai tidak biasa. Kunjungan itu diyakini sekadar penyeimbang yang dilakukan China pasca pertemuan petinggi militer China dengan Korea Selatan bulan lalu.


Editor : Nasru Alam Aziz
Sumber: