Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Muda Ini Mati Akibat Epilepsi

Kompas.com - 27/03/2011, 08:00 WIB

MOSKOW, KOMPAS.com - Knut, seekor beruang kutub yang menjadi simbol Kebun Binatang Berlin, tenggelam saat mengalami kejang akibat epilepsi.

Knut, beruang kutub pertama yang lahir di Kebun Binatang Berlin dalam 30 tahun terakhir, secara tak terduga mati pada 19 Maret lalu setelah jatuh ke dalam kolam di kandangnya.

Dokter Ahli Syaraf hewan, Christian Elger dari Universitas Bonn mengatakan kepada Focus Online bahwa gerakan kejang-kejang Knut, yang menyebabkan kejatuhannya, merupakan gejala awal dari serangan epilepsi.

"Mereka yang menderita epilepsi 23 kali lebih besar berpeluang untuk mati karena tenggelam," kata Christian Elger, Sabtu (26/3/2011).

Institut Leibniz untuk Riset Kebun Binatang dan Margasatwa di Berlin saat ini tengah memeriksa otak Knut.

Menurut para dokter hewan, Knut bisa saja mewarisi epilepsi dari ayahnya, Lars, yang juga mati karena serangan epilepsi.

Knut dilahirkan pada Desember 2006, namun ibunya menolak anak beruang itu, beberapa saat setelah ia dilahirkan.

Knut menarik perhatian komunitas internasional dan menjadi selebritas dunia saat mejadi simbol untuk gerakan anti pemanasan global, dan sebuah poster anak beruang untuk gerakan perlindungan terhadap beruang kutub.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com