Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel-Turki Bahas Perbaikan Hubungan

Kompas.com - 06/12/2010, 10:35 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Seorang diplomat tinggi Turki, Minggu (5/12), bertemu dengan seorang pejabat Israel di Jenewa untuk membicarakan cara-cara penyelesaian krisis antara kedua negara, kata seorang pejabat kementerian luar negeri Turki.

"Saya dapat memastikan, sebuah pertemuan telah berlangsung hari ini di Jenewa," kata pejabat itu kepada AFP tanpa menyebut nama. Dia mengatakan, wakil menteri luar negeri Turki, Feridun Sinitlioglu, telah bertemu dengan seorang wakil Israel, yang ia tidak dapat sebut namanya. Pejabat itu tidak mau memberikan rincian lebih lanjut.

Hubungan bilateral antara kedua negara yang sempat bersekutu itu tercebur ke dalam krisis yang mendalam pada 31 Mei lalu ketika pasukan Israel menewaskan sembilan aktivis Turki saat pasukan khusus negara Yahudi itu menyerang sebuah kapal yang membawa bantuan ke Jalur Gaza yang diblokede. Aksi kapal bantuan itu merupakan bagian dari kampanye internasional yang dipimpin sebuah badal amal Turki.

Harian Israel, Haaretz, Minggu, melaporkan, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mengirim wakil Israel untuk komisi PBB yang menyelidiki insiden armada kapal itu, Yosef Ciechanover, ke Jenewa untuk bertemu dengan diplomat Turki tersebut. Pertemuan itu terjadi setelah pengiriman dua helikopter Turki untuk membantu menghadapi kebakaran hutan yang menewaskan puluhan orang di Israel utara pekan lalu. Pengiriman helikopter Turki tersebut telah meningkatkan harapan akan mencairnya krisis antara kedua negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com