Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Srikandi Bersepeda Keliling Jakarta

Kompas.com - 04/09/2010, 09:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perempuan bersepeda atau biasa disebut dengan istilah Srikandi yang tergabung dalam komunitas Bike to Work mengadakan acara bersepeda bersama yang diberi nama Srikandi Nite Ride, Jumat (3/9/2010). Mereka menggowes sepeda, dimulai dari salah satu mal di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, dan berakhir di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Acara ini diikuti oleh sekitar 70 Srikandi. Namun, yang ikut berangkat dari Senayan sekitar 40 orang.

"Target awalnya 100 orang. Tapi, karena ini hari kerja dan sedang puasa, jumlahnya jadi agak menurun. Ada yang langsung menunggu di Kemang, ada yang akan bergabung di jalan nanti," papar Fannie Waldhani, Humas Bike to Work.

"Rute yang ditempuh itu dari mal FX, Jalan Asia Afrika, Rumah Sakit Pertamina, Jalan Ahmad Dahlan, Barito, Jalan Panglima Polim, Jalan Wijaya, dan berakhir di Kemang," kata Fannie.

Ajang ini dipergunakan para Srikandi untuk mengampanyekan penggunaan sepeda bagi para wanita. "Kami ingin menunjukkan bahwa wanita juga ada yang bersepeda. Para wanita tidak perlu takut lagi untuk bersepeda," ujar Fannie.

Selain untuk kampanye, acara itu juga digunakan sebagai ajang silaturahim para Srikandi. "Biasanya kami hanya ketemu di dunia maya. Acara ini jadi ajang perkenalan juga buat teman-teman yang belum pernah bertemu secara langsung," kata Winna Ananda, ketua panitia Srikandi Nite Ride.

Toto Sugito, Ketua Umum Bike to Work menyatakan sangat mendukung acara yang diadakan para Srikandi itu. "Kegiatan apa pun, baik dari komunitas sepeda Bike to Work maupun dari komunitas lain selalu saya dukung selama tujuannya untuk mengampanyekan sepeda," ujarnya.

Toto juga mengharapkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam penggunaan sepeda ini. "Jadikan bersepeda itu sebagai gaya hidup perkotaan. Walaupun di Jakarta belum ada jalur sepeda, tapi kita tidak perlu takut. Lama-kelamaan, kita akan terbiasa juga," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com