Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Korsel Kuntit Kapal Korut

Kompas.com - 16/06/2010, 19:40 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk membangun kerjasama lebih erat melawan kapal selam Korea Utara (Korut) dan menyokong pembagian intelijen dalam memonitor aktivitas mereka.

Sejumlah pejabat Rabu (16/6) mengatakan, kesepakatan itu dikeluarkan saat ketegangan meningkat akibat tenggelamnya sebuah kapal perang Korsel pada bulan Maret yang menurut penyelidik multinasional  bulan lalu diakibatkan oleh torpedo Korut. Angkatan Laut Korsel mengatakan, kesepakatan dengan AS akan membantu persekutuan tersebut meningkatkan pembagian intelijen dalam memonitor kapal selam Korut dan memperkuat latihan bersama anti-kapal selam.

Kedua pihak juga setuju untuk bekerja sama dalam latihan anti-proliferasi pimpinan AS yang bisa menghentikan lalu lintas persenjataan Korut di perairan sekitar semenanjung. Menurut sumber di Angkatan Laut Korsel, perjanjian itu telah tercapai dalam pembicaraan antara Kepala Staf Angkatan Laut Korsel, Admiral Kim Sung-chan dan Komandan Armada ke-7 AS, Admiral John Bird.

Rencana latihan bersama AL AS dan Korsel telah ditunda untuk menunggu kebijakan dari PBB atas kasus tersebut.

Kedua Korea secara teknis masih dalam keadaan perang sejak berakhirnya konflik pada 1950-53, yang hanya berakhir dengan gencatan senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com