Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Perkenalkan Eitan, Pesawat Mata-mata Baru

Kompas.com - 22/02/2010, 12:16 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Militer Israel, Minggu (22/2/2010), memperkenalkan pesawat mata-mata baru yang dapat bertahan di udara selama lebih dari 24 jam dan bisa menjangkau Iran.

Pesawat itu diberi nama Eitan yang berarti kuat dalam bahasa Yahudi dan dilukiskan oleh pihak militer sebagai terobosan baru dalam berteknologi. Eitan merupakan pesawat mata-mata tipe Heron-TP dengan rentang sayap 26 meter, sama dengan rentang sayap pesawat Boeing 737. Pesawat itu memiliki panjang 24 meter, berat 4,5 ton, dan dapat tetap di udara selama lebih dari 24 jam sehingga memungkinkannya untuk terbang sampai ke Iran, musuh lama Israel.

Pesawat mata-mata itu dibuat oleh Israel Aerospace Industries, yang bekerja sama dengan Angkatan Udara, dan dilengkapi radar, kamera, dan peralatan elektronik berteknologi tinggi termasuk alat pemetaan. Pesawat mata-mata itu dapat mencapai ketinggian 13.000 meter dan membawa peralatan seberat sekitar satu ton. "Pesawat ini merupakan hal sangat penting yang menentukan dalam pembuatan pesawat tak berawak," kata kepala Jenderal Angkatan Udara Israel, Ido Nehustan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com