Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Cokelat, "Kasih Sayang" Mesti Dijaga Pakai Kondom

Kompas.com - 12/02/2010, 18:18 WIB

KOMPAS.com — Hari Kasih Sayang alias Valentine's Day mestinya tak tercemar oleh perilaku seks bebas. Makanya, pemerintah Kamboja mewanti-wanti anak muda dengan kampanye pembagian kondom gratis. Tak tanggung-tanggung, bakal tersedia sekitar 20.000 kondom cuma-cuma.

Alasan kampanye itu, kata Direktur Yayasan Layanan Kesehatan AIDS Kamboja Chhim Sarath sebagaimana ditulis Xinhua, Jumat (12/2/2010), memang merupakan pengingat soal pentingnya menjaga kesehatan seksual. Di Kamboja, selain cokelat saat Hari Kasih Sayang, kondom juga merupakan penanda suksesnya Kamboja memperkecil penyebaran HIV/AIDS. Nama Kamboja memang moncer untuk soal itu di kawasan Asia.

"Target utama kami adalah belia belasan tahun. Mereka mesti memperoleh edukasi dini soal HIV/AIDS," kata Sarath.

Menurut rencana, kampanye kondom gratis itu bakal digelar sejak Sabtu (13/2/2010) hingga Minggu (14/2/2010).

Sementara, catatan pemerintah menunjukkan angka penularan HIV/AIDS di kalangan usia 15 hingga 49 tahun di negeri itu turun menjadi 0,8 persen pada 2008. Sementara, pada 2006, angka itu berada di posisi 2 persen. Menurut rencana, sampai dengan 2012, angka itu bakal dipatok turun ke kisaran 0,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com