Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Tangkap 10 Tersangka Teroris Internasional

Kompas.com - 27/01/2010, 16:00 WIB

PUTRAJAYA, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia, Rabu (27/1/2010), menyatakan telah menangkap 10 tersangka teroris, umumnya orang asing, yang dinilai sebagai ancaman besar bagi keamanan negara itu.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein dalam sebuah konferensi pers mengatakan, para tersangka ditahan berdasarkan undang-undang keamanan internal (ISA) yang memungkinkan penahanan dilakukan tanpa proses pengadilan. Sembilan dari para tersangka itu warga asing. Menurut Hishammuddin, kebanyakan dari mereka baru saja tiba di Malaysia dan diyakini terkait organisasi teroris internasional. Namun, ia mengungkap nama, kebangsaan, dan organisasi para tersangka itu.

"Ini merupakan ancaman keamanan serius bagi negara kami," kata
Hishammuddin. Dia menolak untuk menjelaskan mengapa para tersangka mendatangi Malaysia atau apa rencana mereka.

Edmund Bon, seorang ahli hukum hak asasi Malaysia, mengatakan bahwa pemerintah secara rahasia telah menahan sekitar 50 orang pada 21 Januari lalu, termasuk sejumlah mahasiswa di Universitas Malaysia. Namun, banyak dari mereka kemudian dibebaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com