Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Mengalir bagai Sungai ke Denver dan St Paul

Kompas.com - 26/08/2008, 05:27 WIB

PESERTA konvensi yang berjumlah puluhan ribu, baik untuk konvensi Partai Demokrat maupun Republik, tidak boleh melupakan satu hal penting, yakni kartu kredit.

Setiap kali penyelenggaraan konvensi, diperkirakan mengalir uang 150 juta-250 juta dollar AS ke kota-kota tempat konvensi diselenggarakan. Denver, Colorado, 25-28 Agustus, menjadi tuan rumah konvensi Partai Demokrat. St Paul, Minnesota, menjadi tuan rumah konvensi Partai Republik mulai 1 September. Aliran dana bermuara ke hotel, restoran, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata.

Pembuat bir lokal juga membuat bir yang diselaraskan dengan tema konvensi. Para seniman juga membuat baju tentang tema konvensi, tak ketinggalan kancing dan pernak-pernik lain. Rumah-rumah kaca juga tidak mau ketinggalan turut mempercantik konvensi dengan menanam bunga beraneka warna.

"Satu-satunya yang lebih besar dari konvensi ini adalah penyelenggaraan olimpiade," ujar Kris Johnson, Ketua Kamar Dagang Daerah St Paul.

Konvensi merupakan bagian dari proses pemilihan presiden. Pada saat inilah kedua belah pihak memperlihatkan kandidat secara formal di hadapan jaringan televisi nasional menjelang pemilihan umum pada 4 November.

Pada saat kamera televisi akan memfokuskan lensa ke kandidat Partai Demokrat, Barack Obama, dan kandidat Partai Republik, John McCain, berpidato, ada banyak kegiatan lain di luar tempat itu. Para politisi juga berkumpul di tempat lain, seperti di kelab malam, rumah makan, dan perahu yang menjelajahi sungai.

Komite tuan rumah Denver memperkirakan ada 1.200 acara yang terkait dengan konvensi. Juru bicara komite konvensi di St Paul memperkirakan ratusan acara akan diselenggarakan.

15.000 wartawan

Panitia di kedua kota itu juga memperkirakan kedatangan 15.000 wartawan dari berbagai media massa yang akan meliput hajatan politik besar itu. Para wartawan itu juga memerlukan hiburan selepas liputan dan juga akan berekreasi ke tempat-tempat wisata. Peluang ini juga digarap dengan baik oleh kedua kota tuan rumah itu.

Dua konvensi itu diselenggarakan saat musim turis sedang sepi di dua kota itu. Konvensi di Denver dimulai setelah liburan musim panas berakhir. Pada saat itu anak sekolah mulai belajar sebelum liburan akhir pekan Hari Buruh.

Sementara itu, konvensi Republik akan dimulai pada Hari Buruh, 1 September. "Tampaknya akhir pekan liburan ini merupakan pekan yang sepi sehingga penyelenggaraan konvensi itu baik," ujar David Miller, Manajer Umum Hotel St Paul, yang letaknya hanya satu blok dari lokasi penyelenggaraan konvensi Partai Republik.

Miller mengatakan, dia harus menambah 25 pegawai guna membersihkan 254 kamar yang sudah dipesan untuk konvensi, ditambah dengan 35 jamuan makan siang, makan malam, dan jamuan lain yang juga ditangani oleh hotel itu.

Mall of America di dekat Bloomington, Minnesota, juga mengantisipasi ledakan bisnis di 520 toko dan 50 restoran yang ada di mal tersebut.(Reuters/JOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com