Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Che Guevara Akhirnya Diakui di Kampungnya

Kompas.com - 15/06/2008, 17:41 WIB

 ROSARIO, MINGGU - Akhirnya Ernesto “Che” Guevara mendapatkan pengakuan sebagai tokoh di tanah kelahirannya. Setidaknya, pengakuan itu diwujudkan dalam rupa sebuah patung perunggu setinggi 4 meter yang dibuat pemerintah daerah Kota Rosario, kota kelahiran Che, Argentina.

Peresmian itu dilakukan pada Sabtu, 14 Juni lalu, yang terhitung bertepatan dengan 80 tahun Che. Ribuan orang menghadiri acara peresmian patung tersebut yang pembuatannya diprakarsai oleh sebuah universitas negeri setempat.

Anak perempuan Che, Aleida Guevara, hadir mewakili keluarga, sekaligus menerima ucapan selamat dari berbagai kalangan. Duta besar Kuba Aramis Fuente datang menyampaikan ucapan selamat kepada Aleida.

Patung itu dibuat dari bahan tembaga yang didapat dari donasi masyarakat Argentina yang menyumbang dalam rupa kunci tembaga. Kunci yang terkumpul sekitar 75.000 buah yang kemudian dilebur untuk dibuat patung tersebut.

Nama Che Guevara, dengan sosok wajahnya yang berkumis-jenggot dengan baret, mendunia. Ia dikenal sebagai tokoh pengibar perlawanan terhadap kaum mapan di kawasan Amerika Latin. Ia ditangkap dan dihukum mati di Bolivia tahun 1967 karena dituduh mengipas aksi pemberontakan.

Kiprahnya di berkelana dari satu negeri ke negeri lain untuk mengobarkan pemberontakan melawan establishment menginspirasi beragam gerakan perlawanan di berbagai belahan bumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com