Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembunuhan-pembunuhan Politik di Lebanon

Kompas.com - 20/10/2012, 07:03 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com — Brigadir Jenderal Wissam al-Hassan bukanlah pejabat tinggi pertama Lebanon yang terbunuh dalam konflik sektarian di negara itu. Meskipun demikian, serangan ini merupakan yang pertama sejak serangan 25 Januari 2008 yang menewaskan pejabat intelijen kepolisian, Kapten Wissam Eid.

Berikut ini serangan-serangan yang menewaskan tokoh-tokoh Lebanon, yang sebagian besar merupakan para penentang Suriah.

14 Februari 2005 - Mantan Perdana Menteri Rafiq Hariri tewas akibat bom mobil di Beirut. Serangan itu juga menewaskan Bassel Fleihan, menteri ekonomi di bawah pemerintahan Hariri. Kelompok-kelompok anti-Suriah menuduh Suriah dan pemerintah Lebanon mendalangi serangan itu. Namun, keduanya membantah.

2 Juni 2005 - Wartawan dan aktivis anti-Suriah, Samir Kassir, tewas ketika bom yang diletakkan di bawah mobilnya meledak.

21 Juni 2005 - Politisi anti-Suriah, George Hawi, mantan pemimpin Partai Komunis, tewas akibat bom yang ditempatkan di bawah mobilnya.

12 Juli 2005 - Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, Elias Murr, lolos dari bom mobil yang menyasar kendaraan yang dikemudikannya di Beirut utara. Meskipun pro-Suriah, Murr kemudian mengatakan dia diancam oleh kepala intelijen Suriah di Lebanon.

25 September 2005 - Pembaca berita terkenal May Chidiac, di televisi LBC yang anti-Suriah, kehilangan satu lengan dan satu kaki akibat bom yang diletakkan di bawah mobilnya.

12 Desember 2005 - Gibran Tueni, editor surat kabar dan anggota parlemen anti-Suriah, tewas dalam serangan bom mobil.

21 November 2006 - Pierre Gemayel, menteri perindustrian dan politisi Kristen, ditembak mati oleh orang-orang bersenjata di Beirut.

13 Juni 2007 - Walid Eldo, anggota parlemen yang anti-Suriah, terbunuh bersama anak laki-lakinya, juga dua pengawal, dan enam orang lainnya dalam satu ledakan di Beirut.

19 September 2007 - Antoine Ghanem, anggota parlemen propemerintah dari partai garis kanan Phalange, tewas dalam ledakan di kawasan Kristen Sin el-Fil, di timur Beirut. Enam orang lainnya juga tewas dalam ledakan itu.

12 Desember 2007 - Brigjen Francois Hajj, kepala operasi angkatan bersenjata Lebanon, dan sopirnya terbunuh dalam bom mobil saat berangkat ke kantor di kawasan Kristen, Baabda.

25 Januari 2008 - Bom mobil menewaskan pejabat senior intelijen kepolisian, Kapten Wissam Eid, seorang pengawal, dan setidaknya empat orang lainnya di pinggiran Beirut.

19 Oktober 2012 - Brigjen Wissam al-Hassan, kepala intelijen Badan Keamanan Dalam Negeri Lebanon, tewas dalam serangan bom mobil di distrik Ashrafieh, Beirut, bersama tujuh orang lainnya. Al-Hassan dikenal sebagai tokoh anti-Suriah dan berhasil membongkar rencana serangan teroris terkait rezim Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com