Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merapi Embuskan Asap Putih Kehitaman Setinggi 800 Meter

Kompas.com - 18/05/2013, 14:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Asap putih kehitaman terlihat berembus dari Gunung Merapi pada Sabtu (18/5/2013) sekitar pukul 09.38. Asap putih kehitaman dari kawah Merapi terlihat jelas dari rumah almarhum Mbah Marijan di Kinahrejo saat rombongan Menteri Olahraga Roy Suryo melakukan kunjungan ke petilasan rumah juru kunci gunung termuda dan teraktif di dunia ini.

"Ketinggian asap putih kehitaman yang dikeluarkan merapi sekitar 800 meter," terang Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Surono.

Surono menjelaskan, asap yang keluar berasal dari kawah sisi barat laut. Asap terlihat condong ke barat dengan ketinggian 100 meter dari puncak Merapi.

"Meski mengembuskan asap putih kehitaman, dipastikan aktivitas kegempaan Gunung Merapi tidak ada peningkatan," ujarnya.

Berdasarkan hasil pengamatan dari pos pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Jrakah, dan Babatan, asap putih kehitaman terlihat muncul selama 5 menit. "Saat ini, kawah Merapi dalam posisi terbuka dan embusan asap putih kehitaman merupakan akumulasi dari tekanan dalam tubuh gunung yang dikeluarkan dengan bentuk embusan," paparnya.

Sementara itu, salah seorang petugas pengamatan Gunung Merapi yang ada di Kaliurang Pecut mengungkapkan bahwa Merapi masih dalam status normal dan tidak ada peningkatan kegempaan. "Statusnya masih tetap normal," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com