Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2013, 19:45 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Gempa kuat di wilayah tenggara Iran, Selasa (16/4/2013), ternyata juga dirasakan negara-negara kawasan teluk dan Asia Selatan.

Badan seismologi Iran melaporkan, gempa berkekuatan 7,5 dalam skala Richter itu terjadi hanya 80 km dari perbatasan Pakistan dan Afganistan.

Guncangan gempa ini sangat keras hingga dapat dirasakan di kawasan Teluk. Gedung-gedung pencakar langit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, bergoyang hingga semua penghuni gedung harus dievakuasi.

Guncangan gempa ini juga dirasakan di wilayah utara India—sekitar 4.000 km dari lokasi gempa—termasuk di ibu kota New Delhi. Gedung-gedung perkantoran di kota ini berguncang yang membuat warga panik dan berlarian ke jalanan.
 
Kota Karachi dan Islamabad, Pakistan, juga merasakan efek gempa ini. Berbagai bangunan di Karachi—kota bisnis dan terbesar di Pakistan—berguncang, yang diikuti kepanikan warga yang berlarian keluar gedung ke tempat yang lebih aman.

Gempa ini mengguncang dekat kota Khash, di Provinsi Sistan Baluchistan. Gempa ini terjadi sepekan setelah kota pelabuhan Bushehr juga diguncang gempa yang menewaskan 30 orang dan melukai 800 orang lainnya. Beruntung gempa di Bushehr ini tidak sampai merusak reaktor nuklir Iran di kota itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com