Kompas.com - 15/04/2013, 20:43 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Sebuah kicauan dari akun Twitter Pangeran Al Waleed bin Talal yang mendukung perempuan Arab Saudi diperbolehkan mengemudi mobil menyulut perdebatan hangat di dunia maya.

"Memulangkan pekerja ilegal adalah keputusan yang tepat dan mengizinkan perempuan mengemudikan mobil akan menghemat 500.000 lapangan kerja yang dulu diisi orang asing. Ini akan memberikan keuntungan sosial dan ekonomi untuk negara," kata Pangeran Al Waleed lewat akun Twitter-nya yang memiliki pengikut 315.479 orang.

Pemerintah Arab Saudi kini memang tengah berupaya memulangkan para pekerja migran ilegal atau yang melebihi masa tinggal yang tertuang dalam visa mereka.

Namun, rencana pemulangan pekerja asing ilegal itu ditunda setelah Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud memberikan tenggang waktu selama tiga bulan bagi para pekerja asing itu untuk mengurus berbagai dokumen.

Pangeran Al Waleed yang dikenal sebagai seorang pengusaha dan salah satu orang terkaya di dunia itu mendukung rencana pemerintah tersebut. Dia bahkan mengatakan sudah saatnya Arab Saudi merengkuh era keterbukaan.

Perdebatan soal boleh atau tidaknya perempuan Arab Saudi mengemudi mobil sendiri sudah hangat selama beberapa waktu belakangan. Pernyataan Pangeran Al Waleed menjadi dukungan tersendiri bagi kelompok yang menginginkan peran perempuan lebih besar di negeri yang sangat konservatif ini.

Fakta bahwa banyak pengemudi pria yang membawa penumpang perempuan digunakan kelompok ini untuk semakin menyuarakan perlunya perempuan Arab Saudi mengemudikan mobil sendiri.

Sebenarnya tak ada hukuman resmi bagi perempuan yang mengemudikan mobil di Arab Saudi. Namun, larangan ini lebih mengacu kepada tradisi masyarakat yang sudah berlaku sejak zaman dahulu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.