Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Saudi Dukung Perempuan Mengemudi

Kompas.com - 15/04/2013, 20:43 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Sebuah kicauan dari akun Twitter Pangeran Al Waleed bin Talal yang mendukung perempuan Arab Saudi diperbolehkan mengemudi mobil menyulut perdebatan hangat di dunia maya.

"Memulangkan pekerja ilegal adalah keputusan yang tepat dan mengizinkan perempuan mengemudikan mobil akan menghemat 500.000 lapangan kerja yang dulu diisi orang asing. Ini akan memberikan keuntungan sosial dan ekonomi untuk negara," kata Pangeran Al Waleed lewat akun Twitter-nya yang memiliki pengikut 315.479 orang.

Pemerintah Arab Saudi kini memang tengah berupaya memulangkan para pekerja migran ilegal atau yang melebihi masa tinggal yang tertuang dalam visa mereka.

Namun, rencana pemulangan pekerja asing ilegal itu ditunda setelah Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud memberikan tenggang waktu selama tiga bulan bagi para pekerja asing itu untuk mengurus berbagai dokumen.

Pangeran Al Waleed yang dikenal sebagai seorang pengusaha dan salah satu orang terkaya di dunia itu mendukung rencana pemerintah tersebut. Dia bahkan mengatakan sudah saatnya Arab Saudi merengkuh era keterbukaan.

Perdebatan soal boleh atau tidaknya perempuan Arab Saudi mengemudi mobil sendiri sudah hangat selama beberapa waktu belakangan. Pernyataan Pangeran Al Waleed menjadi dukungan tersendiri bagi kelompok yang menginginkan peran perempuan lebih besar di negeri yang sangat konservatif ini.

Fakta bahwa banyak pengemudi pria yang membawa penumpang perempuan digunakan kelompok ini untuk semakin menyuarakan perlunya perempuan Arab Saudi mengemudikan mobil sendiri.

Sebenarnya tak ada hukuman resmi bagi perempuan yang mengemudikan mobil di Arab Saudi. Namun, larangan ini lebih mengacu kepada tradisi masyarakat yang sudah berlaku sejak zaman dahulu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com