Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Ingin Pemerintahan Bersama

Kompas.com - 27/03/2013, 02:54 WIB

Bangui, Selasa - Tokoh pemberontak Seleka di Republik Afrika Tengah (CAR), Michel Djotodia, Selasa (26/3), berencana memperkenalkan pemerintahan baru setelah membekukan konstitusi dan membubarkan parlemen, sehari sebelumnya.

Langkah itu diambil setelah Seleka menginvasi Bangui, ibu kota CAR, merebut istana presiden, dan mengusir Presiden Francois Bozize.

Djotodia mengatakan bahwa dia akan mempertahankan Nicolas Tiangaye sebagai perdana menteri dalam pemerintahan bersama. Sebelum itu dia menyatakan, pembekuan konstitusi dan pembubaran parlemen serta pemerintahan saat ini diperlukan.

”Saya menilai perlu membatalkan konstitusi 27 November 2004, membubarkan parlemen dan pemerintah,” katanya,

Berdasarkan dekrit

Selasa, Djotodia menegaskan akan memerintah negara berdasarkan dekrit hingga pemilu digelar dalam tiga tahun ke depan. Dia berharap masa transisi ini akan mengantar rakyat ke pemilu yang bebas, kredibel, dan transparan. Meskipun demikian, Djotodia diduga akan menghadapi isolasi internasional.

Uni Afrika telah membekukan keanggotaan negara yang dilanda kudeta itu. Uni Eropa mengecam kudeta itu sebagai aksi yang ”tidak bisa diterima”. Dewan Keamanan PBB, yang tengah menggelar sidang darurat terkait krisis CAR atas desakan Perancis—bekas penjajahnya, mengecam kudeta itu, tetapi tanpa sanksi konkret.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengecam perebutan kekuasaan oleh Seleka dan menyerukan pemulihan segera tatanan konstitusional. Kudeta yang dilakukan pemberontak Seleka itu tak dapat dibenarkan karena melanggar hukum.

Senin pagi, dalam wawancara dengan Radio France Internationale, Djotodia menjelaskan, dia hanya akan memerintah hingga tahun 2016.

Peralihan kekuasaan ke tangan Seleka ini sebenarnya dimulai setelah serangan 11 Januari lalu, dengan kesepakatan pembagian kekuasaan antara Bozize dan Seleka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com