Kompas.com - 13/03/2013, 16:47 WIB
EditorErvan Hardoko

TUNIS, KOMPAS.com - Pedagang rokok Tunisia yang membakar diri di Tunis, akhirnya meninggal dunia akibat luka-lukanya, Rabu (13/3/2013).

"Adel Khadiri (27), yang melakukan aksi bakar diri Selasa, meninggal dunia hari ini (Rabu) pukul 5.30 karena luka bakar parah," kata Direktur Pusat Perawatan Luka Bakar Ben Arous kepada AFP.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah mengatakan Khadri, yang berasal dari keluarga miskin di desa Jendoubam, tiba di ibu kota Tunis beberapa bulan lalu untuk mencari pekerjaan.

"Ini adalah pemuda yang harus menjual rokok karena tak punya pekerjaan," kata Khadri, seperti ditirukan sejumlah saksi mata, sebelum dia membakar diri.

Aksi bakar diri itu terjadi di jalan utama kota Tunis, Habib Bourguiba, yang juga menjadi pusat unjuk rasa publik yang menggulingkan Presiden Zine Abedin bin Ali dua tahun lalu.

Revolusi menggulingkan Ben Ali dipicu aksi bakar diri Mohamed Bouazizi, seorang pedagang kaki lima di kota Sidi Bouzid. Aksi pada 17 Desember 2010 itu dipicu kekerasan polisi terhadap para pedagang kecil Tunisia.

Selain itu, masalah sosial dan ekonomi menjadi penyebab utama pecahnya revolusi, yang kemudian menyebar ke seluruh Afrika Utara dan sebagian Timur Tengah dalam gelombang revolusi yang disebut "Arab Spring".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.