Kompas.com - 07/03/2013, 20:10 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Menantu Osama bin Laden, Sulaiman Abu Ghaith berhasil ditangkap agen-agen CIA setelah Turki mendeportasinya ke Jordania. Demikian laporan sejumlah media Turki, Kamis (7/3/2013).

Abu Ghaith, mantan juru bicara Al Qaeda, ditangkap bulan lalu di sebuah hotel mewah di Ankara setelah aparat Turki mendapat informasi dari Badan Intelijen AS (CIA).

Harian Hurriyet melaprona, pemerintah Turki mendeportasi Abu Ghaith ke Jordania pada 1 Maret lalu untuk kemudian akan dipulangkan ke Kuwait. Namun, dia "diciduk" agen-agen CIA di Jordania dan kini sedang dalam perjalanan ke AS.

Pemerintah Turki tidak mengomentari kabar ini. Sementara Kedutaan Besar AS di Ankara hanya mengatakan, sudah mendengar soal kabar itu.

Pemerintah Turki menganggap Abu Ghaith tidak memiliki kewarganegaraan, setelah dia melepas kewarganegaraan Kuwaitnya setelah muncul dalam video yang mendukung serangan 11 September 2001.

Amerika Serikat memang menginginkan Abu Ghaith karena perannya dalam serangan ke menara kembar WTC di New York itu.

Turki menangkap Abu Ghaith karena memasuki negara itu dari Iran secara ilegal. Namun, Turki membebaskan Ghaith karena dia tidak melakukan kejahatan apapun di negeri itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Media Turki menilai pemerintah ragu untuk menyerahkan Ghaith ke tangan AS karena takut menjadi sasaran serangan Al Qaeda.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X