Kompas.com - 01/03/2013, 07:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI resmi mengundurkan diri sebagai Pemimpin Gereja Katolik, Jumat (28/2/2013). Ia mengucapkan salam perpisahan dan terima kasih kepada umat lewat Twitter.

"Terima kasih atas cinta dan dukungan Anda. Semoga Anda selalu mengalami sukacita yang berasal dari Kristus di tengah kehidupan Anda," demikian pesan terakhir Benediktus XVI sekitar pukul 23.00 WIB.

Paus Benediktus XVI merupakan Paus ke-265 yang menjabat sejak 19 April 2005 saat menginjak usia 78 tahun. Ia terlahir dengan nama Joseph Ratzinger dan berasal dari Jerman. Di usia 85 tahun, kondisi kesehatan yang terus menurun jadi alasan pengunduran diri Benediktus XVI, merasa tak mampu lagi menjalankan tugas Paus.

Dalam sejarah, Benediktus XVI merupakan Paus pertama yang mengundurkan diri dari takhta suci Vatikan dalam kurun hampir 600 tahun. Pengumuman pengunduran itu disampaikan pada 10 Februari 2013.

Ia juga menjadi Paus pertama yang memanfaatkan Twitter sebagai media penyampaian pesan sejak 12 Desember 2012. Nama akun yang digunakan adalah @Pontifex, yang punya makna "pembangun jembatan" dan mengacu pada "Paus".

Benediktus XVI menyampaikan pesan dan melayani tanya jawab di Twitter dalam sembilan bahasa, termasuk Inggris, Arab, Perancis, dan Spanyol. Akunnya juga dibagi jadi sembilan berdasarkan bahasa yang digunakan.

"Kawan-kawan terkasih, saya senang bisa berkomunikasi dengan Anda melalui Twitter. Terima kasih atas tanggapan Anda yang baik. Saya memberkati Anda semua dari lubuk hati saya," begitulah pesan pertamanya.

Sebagian pesan Twitter Benediktus XVI berisi misa mingguan dan pesan khusus tentang peristiwa besar di dunia. Ia dikenal dengan pandangan teologisnya yang konservatif. Hingga kini, @Pontifex adalah akun yang memiliki paling banyak pengikut dengan 1.606.697 followers dan telah melontarkan 39 kicauan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.