Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,7 SR Guncang Jepang

Kompas.com - 25/02/2013, 18:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah gempa berkekuatan 5,7 skala Richter, Senin (25/2/2013), mengguncang Jepang. Meski guncangannya membuat gedung-gedung tinggi di Tokyo bergoyang selama setengah menit namun gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Lembaga penyiaran pemerintah NHK mengatakan gempa ini tidak menimbulkan kerusakan di sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir yang terletak di dekat pusat gempa di sebelah utara Tokyo.

Lembaga Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa terjadi pada pukul 16.23 waktu setempat, dengan pusat gempa 57 kilometer sebelah utara kota Maebashi dan sekitar 143 kilometer timur laut Tokyo. USGS mengatakan pusat gempa berada di kedalaman sembilan kilometer.

Takayuki Fukuda, seorang petugas pasukan pemadam kebakaran kota Nikko di Prefektur Tochigi, tak jauh dari pusat gemp, mengatakan dia merasakan guncangan di kota tujuan wisata itu.

"Gempa itu berguncang selama 10 detik. Tak ada benda yang jatuh dari rak dan kaca jendela juga tidak bergetar. Belum ada laporan kebakaran di kota namun kami tetap melakukan patroli," kata Fukuda.

Laporan awal sempat menyebut sebuah bangunan ambruk. Namun setelah diteliti laporan itu salah dan sejauh ini tak ditemukan korban akibat gempa.

"Kami belum mendapat informasi terkait jatuhnya korban," tambah Fukuda.

NHK melaporkan sejumlah kereta cepat terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara, namun kereta api kembali beroperasi tak lama kemudian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com