Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkosaan Sadis Picu Kemarahan Warga Afsel

Kompas.com - 07/02/2013, 22:23 WIB
Pieter P Gero

Penulis

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Perkosaan disertai tindakan mutilasi atas seorang remaja putri di Afrika Selatan telah mengundang kemarahan di seantero negara itu. Mereka menuntut tindakan keras diterapkan kepada setiap pelaku kekerasan seksual.

Kantor berita AFP, Kamis (7/2/2013) melaporkan, Anine Booysen (17) ditemukan dengan cedera luka sayat pada perut di sebuah lokasi proyek bangunan di Bredasdorp, kota di barat daya Afrika Selatan. Gadis malang itu kemudian meninggal di rumah sakit.

Booysen dilaporkan diculik oleh sekelompok pria yang dicurigai telah memerkosanya. Namun, polisi mengatakan masih terus melakukan investigasi atas kejadian itu.

"Seluruh negeri marah karena tindakan kekerasan ekstrem dan merusak terhadap kehidupan seorang anak muda," ujar Presiden Afsel Jacob Zuma dalam pernyataan resmi, Kamis. "Tindakan ini sangat mengejutkan, kejam, dan tidak manusiawi. Hal ini tak boleh terjadi di negeri ini," tambah Zuma.

Statistik resmi di Afsel menyebutkan, sekitar 65.000 penyerangan seksual berlangsung di negara itu setiap tahun. Polisi menyebutkan, hanya satu dari 36 kasus perkosaan di Afsel yang dilaporkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com