Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Assad Kecam Serangan Udara Israel

Kompas.com - 04/02/2013, 09:48 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Presiden Suriah Bashar al-Assad, Minggu (3/2/2013), mengecam serangan Israel ke negaranya pekan lalu. Ini adalah pernyataan resmi Assad pertama sejal serangan udara Israel itu.

Presiden Assad mengatakan serangan udara itu telah membuka kedok Israel terkait peran yang dimainkan negara Yahudi itu.

"Israel bersama kekuatan asing dan agen-agen mereka di tanah Suriah berupasa untuk melakukan destabilisasi dan melemahkan Suriah," kata Assad.

Namun, Assad menambahkan, dalam pertemuan dnegan Kepala Dewan Keamanan Nasional Iran Saeed Jalili, dia mengatakan bawa militer Suriah masih mampu menghadapi ancaman dan agresi yang terjadi saat ini.

Stasiun televisi pemerintah Suriah, Al-Ikhbariya menayangkan situasi akibat serangan udara Israel di pusat riset Jamraya, Damaskus. Dari tayangan itu terlihat bangunan hancur dan mobil-mobil terbakar. Sejumlah pernyataan saksi mata juga ditayangkan.

"Saat serangan udara berakhir, saya berusaha menolong korban luka," kata seorang saksi yang mengaku mengalami patah tulang bahu.

Namun, seorang pejabat milite AS kepada BBC pekan lalu mengatakan bahwa target serangan udara itu adalah sebuah konvoi kendaraan militer yang mengangkut misil darat ke udara SA-17, yang diduga akan dibawa ke Lebanon.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com