Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal Terakhir, AS Terkontraksi

Kompas.com - 01/02/2013, 02:33 WIB

London, Kamis - Perekonomian Amerika Serikat secara tidak terduga mengalami kontraksi pada kuartal terakhir tahun lalu. Kenyataan ini seolah mengingatkan bahwa ancaman terbesar AS yang dihadapi pada 2013 adalah pemangkasan besar belanja pemerintah dan semakin panjangnya pertentangan politik mengenai anggaran.

Para pelaku pasar global merespons negatif data penting dari AS ini. Indeks saham di sebagian bursa melemah pada perdagangan Kamis (31/1).

”Para pelaku pasar mencari alasan untuk keluar sementara dari pasar setelah ada kenaikan pesat pada awal bulan,” ujar Evan Lucas dari IG Markets di Melbourne. Indeks di beberapa bursa saham sudah naik pesat pada awal tahun ini dan hampir mencapai titik tertinggi.

Pemangkasan anggaran pertahanan mendorong perekonomian AS menjadi negatif untuk pertama kalinya sejak pertengahan 2009. Menurut penghitungan pemerintah, terjadi kontraksi pada Oktober-Desember sebesar 0,1 persen.

Departemen Perdagangan menyatakan, pelemahan ekonomi pada kuartal terakhir lalu sebagian besar disebabkan oleh perusahaan-perusahaan yang semakin sedikit memproduksi barang, pemangkasan anggaran di sektor pertahanan, dan penurunan ekspor.

Para ekonom mengatakan, faktor-faktor tersebut dapat terjadi hanya sementara waktu. Walaupun demikian, anjloknya pertumbuhan dari 3,1 persen pada Juli-September menjadi kontraksi pada kuartal sesudahnya merupakan penurunan yang sangat tajam dan tidak terduga. Sepanjang tahun 2012, perekonomian AS bertumbuh 2,2 persen, lebih baik dari pertumbuhan sepanjang 1,8 persen pada 2011.

Tampaknya, kemungkinan besar resesi akan terjadi lagi. Perekonomian AS diperkirakan akan bertumbuh sebesar 2 persen tahun 2013 seiring dengan kekuatan pada sektor penunjang, seperti perumahan dan mobil.

Namun, para ekonom memperingatkan bahwa pemangkasan anggaran akan memperlemah pemulihan yang baru mulai ini. ”Pemerintah harus tetap mempertahankan pertumbuhan ekonomi,” ujar James Marple, ekonom senior pada TD Bank.

Lemahkan militer

Pemangkasan besar pada sektor pertahanan dan program domestik akan dimulai pada 1 Maret. Sebagian lembaga pemerintah federal kemungkinan akan tutup pada 27 Maret jika Kongres tidak memutuskan untuk memperpanjang langkah sementara yang memberikan otorisasi untuk pendanaan. Selain itu, pagu utang juga harus dinaikkan sebelum 18 Mei atau Pemerintah AS akan mengalami gagal bayar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com