Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajukan Protes, India Panggil Dubes Pakistan

Kompas.com - 09/01/2013, 17:18 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemerintah India memanggil Duta Besar Pakistan di New Delhi, Rabu (9/1/2013), untuk memprotes pembunuhan dua tentara India dalam baku tembak di perbatasan Kashmir, Selasa (8/1/2013).

Menteri Luar Negeri India Salman Khurshid mengatakan Dubes Pakistan Salman Bashir mendapatkan protes keras namun dia justru mengingatkan langkah lebih jauh dalam masalah ini akan meningkatkan ketegangan.

"Apa yang sudah terjadi,jangan sampai bertambah parah. KIta tak bisa dan harus menghindari sebuah eskalasi buruk dari kejadian yang sudah berlangsung," kata Khurshid dalam sebuah jumpa pers.

Sementara itu dua jenazah tentara India sudah dibawa ke rumah sakit militer di Rajouri untuk keperluan otopsi demi menentukan penyebab kematian kedua prajurit itu.

"Tindakan tentara Pakistan sangat provokatif. Cara mereka memperlakukan jenazah tentara India sangat tidak manusiawi," kata Menteri Pertahanan AK Antony.

Bersamaan dengan pemanggilan Dubes Pakistan, seorang pejabat senior militer Pakistan di Islamabad membantah pasukan negeri itu menerobos masuk ke wilayah India dan terlibat baku tembak dengan militer India.

Pejabat itu menuding India tengah melakukan "propaganda" untuk mengalihkan perhatian dari serangan pasukan India yang menewaskan satu prajurit Pakistan, awal pekan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com