Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hugo Chavez Derita Komplikasi Pasca-operasi

Kompas.com - 04/01/2013, 12:24 WIB

Presiden Venezuela Hugo Chavez menderita komplikasi akibat infeksi paru parah pasca-operasi. Chavez (58) menjalani operasi kanker keempat di Kuba pada 11 Desember lalu dan mengalami infeksi pernapasan.  

Dalam pernyataan dari Caracas, Menteri Informasi Ernesto Villegas mengatakan, infeksi itu memicu gangguan pernapasan akut. Chavez dijadwalkan akan dilantik untuk masa jabatan berikutnya pada 10 Januari.

"Chavez mengalami komplikasi sebagai konsekuensi atas infeksi paru parah," kata Villegas.

Perang psikologi

Chavez tidak muncul di publik sejak menjalani operasi kanker di Havana. Hal itu memicu spekulasi mengenai kondisinya. Menteri Informasi tersebut adalah salah satu sekutu politik Chavez yang mendorong publik agar tidak mudah memercayai rumor tentang kesehatannya.

Villegas memperingatkan agar rakyat Venezuela tidak termakan "perang psikologi" di media yang bertujuan untuk "mengakibatkan instabilitas di Republik Bolivaria."

Wakil Presiden Nicolas Maduro dan Kepala Parlemen Diosdado Cabello termasuk di antara pejabat yang mengunjungi Chavez pekan ini. Maduro mengatakan, Presiden Chavez "sadar" dan menjabat tangannya erat saat mereka membahas politik Venezuela.

Ia dan Cabello terbang ke Caracas hari Kamis dan membantah berbagai rumor mengenai perpecahan di kubu sosialis. "Kami sangat solid dan bersatu," kata Maduro. "Kami bersumpah di depan Komandan Chavez bahwa kami akan bersatu bersama rakyat," kata dia.

Sakitnya Chavez memunculkan pertanyaan apakah upacara pelantikan dapat ditunda, tetapi Cabello mengatakan, hal itu akan menjadi langkah yang tidak konstitusional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com