Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Venezuela Tuntut Chavez Jujur Soal Penyakitnya

Kompas.com - 03/01/2013, 12:04 WIB

HAVANA, KOMPAS.com - Kubu oposisi utama di Venezuela mendesak pemerintah "mengatakan yang sesungguhnya" tentang kondisi kesehatan Presiden Hugo Chavez. Pemimpin Venezuela belum muncul kembali ke muka publik sejak menjalani operasi kanker di Kuba tiga pekan lalu.

Pimpinan kubu oposisi Ramon Aveledo menuding pemerintah tak bertanggung jawab karena mengesankan pada rakyat seolah Presiden Chavez masih menjalankan tugas kenegaraannya.

Padahal menurut Presiden Bolivia, Evo Morales, kondisi Chavez "sangat mengkhawatirkan". Morales menjenguk sekutu dan sahabatnya itu di Havana pekan lalu.

"Mudah-mudahan doa dan ritual kita akan efektif dan dapat menyelamatkan saudara kita, Presiden Chavez," ujar Morales.

Setelah mengaku menderita sakit dua tahun lalu, Chavez berkali-kali menjalani perawatan termasuk kemoterapi dan operasi di Kuba, negeri komunis sekutu utama Venezuela. Namun ia tak pernah berterus terang apa jenis kanker yang dideritanya serta bagaimana kondisi penyakit sesungguhnya.

Masih Rentan

Sebaliknya pembantu dekat Chavez menegaskan kondisi orang nomor satu Venezuela itu masih rentan tapi sudah stabil.  Menteri Teknologi yang juga menantu Chavez, Jorge Arreaza, mengirim kicauan dalam akun tweeternya dari Havana Rabu (2/1) mengatakan tim medis tempat dia dirawat menyebut kondisinya "tetap stabil tetapi secara umum masih rawan".

Chavez mestinya menjalani pelantikan keempatnya pada tanggal 10 Januari mendatang sebagai presiden namun tidak ada kejelasan apakah rencana pelantikan tetap dilangsungkan atau batal.

Ramon Aveledo, pimpinan kelompok payung oposisi Meja Persatuan Demokratik (MUD), menuntut pemerintah menjelaskan secara rinci diagnosa dan perawatan medis yang diterima Chavez. "Wajib hukumnya bagi pemerintah untuk bertindak agar memberi rasa percaya," katanya dalam sebuah acara jumpa pers.

Presiden Chavez, kini 58 tahun, telah memegang tampuk kepemimpinan sejak 1999 dan memenangkan pemilunya yang keempat Oktober lalu.

Ribuan pendukung mendoakan Chavez dalam misa tahun baru di Caracas 31 Desember lalu begitu mendengar kondisi presiden itu masih buruk pasca operasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com