Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Besar Oposisi

Kompas.com - 03/01/2013, 03:22 WIB

BEIRUT, RABU - Sejumlah pertempuran besar antara kelompok oposisi dan militer Suriah terus berkecamuk sepanjang dua hari terakhir di Suriah. Serangan oposisi kali ini menyasar pangkalan udara militer dan bandar udara internasional di Provinsi Idlib dan Aleppo.

Salah satu serangan besar dilancarkan kelompok oposisi ke pangkalan udara militer Taftanaz di Provinsi Idlib. Serangan berlangsung sejak Selasa malam hingga Rabu (2/1).

Menurut organisasi Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) berbasis di Inggris, empat anggota oposisi dan sejumlah personel militer Suriah tewas dalam pertempuran itu.

Direktur SOHR Rami Abdul- Rahman menambahkan, pangkalan udara Taftanaz dihajar bertubi-tubi oleh pasukan oposisi dengan tembakan mortir dan roket rakitan.

Kelompok penyerang berhasil menembak salah satu helikopter militer Suriah yang dikerahkan untuk melindungi pangkalan udara militer itu.

Serangan ke Taftanaz ini bukan yang pertama kali dilakukan. Pasukan oposisi telah mencoba beberapa kali menduduki pangkalan militer itu, tetapi selalu gagal.

Pihak oposisi memfokuskan serangan mereka dalam beberapa pekan terakhir untuk melumpuhkan kekuatan udara Pemerintah Suriah. Pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad memang makin meningkatkan serangan udara mereka ke kantong-kantong oposisi di seluruh negeri.

Pertempuran di Aleppo

Serangan di Taftanaz itu terjadi hanya beberapa jam setelah otoritas Suriah mengumumkan menutup bandar udara internasional di Provinsi Aleppo, Selasa lalu.

Bandara itu ditutup setelah diserang bertubi-tubi selama beberapa hari oleh pasukan oposisi, termasuk kelompok Islamis Front Al-Nusra, yang memiliki koneksi dengan Al Qaeda, dan juga Brigade Ahrar al-Sham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com