Kompas.com - 18/12/2012, 09:31 WIB
EditorErvan Hardoko

NEWTOWN, KOMPAS.com — Sejumlah pejabat kota Newtown mengatakan, SD Sandy Hook tempat pembantaian 20 anak-anak dan enam orang dewasa akan ditutup selamanya. Sebagai gantinya, murid-murid Sandy Hook lainnya akan menempati sebuah sekolah baru.

Para staf sekolah dan sejumlah sukarelawan bekerja keras memindahkan meja, kursi, dan lemari dari Sandy Hook ke eks sekolah menengah Chalk Hill di kota tetangga Monroe.

Seorang pegawai sekolah di Newtown yang tak ingin disebut namanya mengatakan, peralatan yang dipindahkan dari Sandy Hook adalah dari bagian sekolah yang tak terimbas tragedi mengerikan itu.

Pegawai ini mengatakan, sejumlah petugas sudah menguji lantai yang akan digunakan untuk sekolah Sandy Hook baru agar para murid tetap merasa nyaman di tempat barunya.

"Ruang-ruang kelas diperbaiki sebaik mungkin sehingga mereka berpikir masih berada di sekolah lama mereka," katanya.

Pekerja ini mengatakan, meski banyak orang mengatakan terlalu cepat bagi anak-anak ini untuk kembali ke sekolah, tetapi menurutnya semakin cepat mereka kembali bersekolah justru semakin baik.

Sementara itu, kepolisian Monroe mengatakan, pihaknya akan mendukung anak-anak Sandy Hook di tempat barunya itu.

"Anak-anak itu sudah mengalami hal yang kita tak pernah ingin lalui dalam hidup. Sehingga kami ingin membuat transisi mereka kembali ke sekolah semudah, sesederhana, dan sesensitif mungkin," kata juru bicara Kepolisian Monroe, Letnan Brian McCauley.

Perwakilan dari distrik sekolah Newtown, lanjut McCauley, yang akan menentukan kapan anak-anak itu akan kembali ke sekolah.

Dia menambahkan, petugas polisi akan disiagakan di semua sekolah di Monroe, termasuk di Chalk Hill begitu sekolah baru itu dibuka.

Terpilihnya Monroe sebagai lokasi untuk sekolah Sandy Hook baru membuat warga kota itu bangga karena bisa membantu anak-anak korban tragedi pembantaian itu.

"Belum pernah saya sebangga ini sebagai warga Monroe. Kenyataan bahwa anak-anak ini tak perlu kembali ke sekolah lama mereka sungguh membahagiakan," kata Vicki D'Auria, salah seorang warga Monroe.

Vicky menambahkan, putranya yang bersekolah di SD Fawn Hollow, yang bertetangga dengan Chalk Hill, bersama teman-temannya sudah berencana membuat poster selamat datang untuk kawan-kawan barunya eks murid Sandy Hook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.